RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KD 3.13
Nama Satuan Pendidikan |
:
SMK Daya Utama |
|
Mata
Pelajaran |
:
Produk Kreatif dan Kewirausahaan |
|
Kelas
/ Semester |
:
XII/ 1 |
|
Alokasi Waktu |
:
3 x 8 JP |
|
Tujuan Pembelajaran |
KD 3 |
KD 4 |
Setelah
mencermati materi dari guru siswa dapat : 1. Mengemukakan metode perakitan produk barang/jasa 2. Menetapkan metode perakitanproduk barang/jasa 3. Menyusun alat dan
bahan alat dan bahan perakitan produk
barang/jasa 4. Melakukan kegiatan perakitan produk barang/jasa |
3.13 Menerapkan metode perakitan produk barang/jasa |
4.13. Melakukan perakitan produk barang/jasa |
IPK 3 |
IPK 4 |
|
3.13.1 Mengemukakan metode perakitan produk barang/ jasa 3.13.2 Menerapkan nmetode perakitan produk barang/ jasa |
4.13.1 Menyusun alat
dan bahan perakitan produk barang / jasa 4.13.2 Melakukan kegiatan perakitan produk barang/jasa sesuai
prosedur |
|
Materi Pembelajaran |
Perakitan produk
barang/jasa |
|
Model
Pembelajaran |
Langkah Pembelajaran |
|
1. Pendekatan : Sientific 2. Strategi : Discovery Learning 3. Metode : Observasi, Demonstrasi, Diskusi dan Tanya Jawab |
Siswa merespon salam
dan pertanyaandari guru berhubungan dengan kondisi peserta didik
dan pembelajaran sebelumnya.
(religiusitas) Siswa menyimak
dan mencermati informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan. (
literasi) Mengamati
(Stimulation) · Siswa mencermati, menganalisis dan mengidentifikasi
contoh-contoh perakitan produk barang/jasa yang dibagikan guru melalui diskusi kelompok.
(kreatifitas, kritis) Menanya (Problem Statement) · Siswa merespon pertanyaan tentang hal-hal yang
berhubungan dengan perakitan produk barang/jasa yang dibagikan guru sehingga terjadi komunikasi interaktif.
(HOT’S) · Siswa menyusun pertanyaan tentang perakitan produk barang/jasa. Mengumpulkan informasi (Data Collection) · Siswa menuliskan
hasil identifikasi tentang perakitan produk barang/jasa Mengasosiasi (Verification) · Siswa mempresentasikan perakitan produk barang/jasa · Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan yang dialami tentang perakitan produk barang/jasa · Siswa menyimak umpan balik dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan perakitan produk barang/jasa · saran dan hasil observasi guru pada saat siswa berdiskusi, mendemonstrasikan dan
mempresentasikannya Mengkomunikasikan (Generalization) · Siswa menyempurnakan kembali tentang perakitan produk barang/jasa berdasarkan umpan balik dari kelompok
lain dan guru. Siswa
bersama guru menyimpulkan
pembelajaran, merencanakan tindaklanjut dengan merumuskan tugas individu untuk pertemuan selanjutnya. Siswa dan guru
menutup pembelajaran dengan doa,
dengan penuh
rasa syukur. (religius). |
|
Sumber
/Media Belajar |
||
1. Sumber Pembelajaran : · Buku PKK
terbitan APMFI · Aplikasi/web yang relevan 2. Media / Alat Pembelajaran : ·
Laptop ·
Smart phone ·
Internet ·
Google class room Gup
whatsapp |
||
Assesment
: penugasan dan tertulis
menyelesaikan soal-soal berkaitan dengan materi yang diajarkan tentang perakitan produk barang/jasa |
||
Mengetahui,
Bekasi, 13 Juli 2021 Kepala
SMK Daya Utama Guru Mata
Pelajaran Desy Rina,
S.Si., M.M Ririn Aurina, S.Sos |
0 komentar:
Posting Komentar